Perbedaan Game 3D dengan 2D



Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafiik

Nama            : Muhamad Prayoga

NPM             : 54415409

Kelas             : 3IA21

Nama Dosen  : Syefani Rahma Deski

 Perbedaan dari Games Berbasis Grafik 3D dan 2D


Pengertian Game     

Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran.
Untuk para penggemar video game dan animasi pasti sudah tidak asing lagi dengan grafik 2D/3D. Dengan adanya perkembangan grafik komputer yang pesat, sangat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan komputer dan memahami konsep yang diberikan secara visual. Perkembangan grafik komputer juga berdampak besar terhadap revolusi dibidang animasi dan video game.
Berdasarkan representasi visualnya, game dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu game 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D).

Perbedaan game 2D dengan 3D

 •    GAME 2 DIMENSI
 
      Game dua dimensi dilihat dari keadaan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second).
Game dua dimensi ini memiliki 2 konsep, yaitu:
 
 - Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
 
 - Side Scrolling View, dimana objek-objek dan gambar latar akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kecepatan gerakan karakter yang dimainkan.
Contoh: Pac-man, Space Invader, Mario Bros, dan game-game sederhana lainnya.
      




•    GAME 3 DIMENSI

      Sedangkan game 3D adalah game yang selain melibatkan elemen x dan y, juga melibatkan elemen z pada perhitungannya, sehingga konsep kamera pada game 3D benar-benar menyerupai konsep kamera pada kehidupan nyata, yaitu selain digeser (seperti pada game 2D), juga dapat diputar dengan sumbu tertentu.

Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:

    3d object/model :

ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll

    2d graphic:

gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d antara lain:

– sebagai texture untuk object

– sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)

– sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.

Contoh game berbasis 3 dimensi diantaranya adalah AirAttack Death, Rise of the Imperfects , Batman: Arkham City, dll.


Kesimpulannya adalah perbedaan antara game grafik 3D dan 2D secara umum terletak pada komposisi objeknya. Pada bidang Cartesian, grafik 2D hanya memiliki sumbu X dan Y, sedangkan grafik 3D memiliki axis X, Y, dan Z. Dimana hal ini membuat objek grafik 3D memiliki volume atau memiliki isi. Sehingga objek 3D dapat dilihat dari berbagai macam sudut. Sedangkan Grafik 2D hanya memiliki satu sudut pandang saja, yaitu sisi yang sejajar dengan posisi si penglihat. Oleh sebab itu kita tidak dapat melihat bagian belakang maupun samping sebuah objek 2D.


     


Daftar Pustaka
https://www.mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/
http://cesarnatasha.blogspot.co.id/2013/05/perbedaan-game-2d-dan-3d.html.
http://juvanister.blogspot.co.id/2010/10/perbedaan-grafis-2d-dan-3d.html.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Desain Komunikasi Visual dengan Seni Murni

TEORI STATIC & DINAMIC (TULISAN)