Pengaruh Teknologi dalam Perkembangan Grafis
Mata
Kuliah - Desain Permodelan Grafik
Nama – Muhamad Prayoga
NPM - 54415409
Kelas - 3IA21
Nama Dosen - Syefani Rahma Deski
Nama – Muhamad Prayoga
NPM - 54415409
Kelas - 3IA21
Nama Dosen - Syefani Rahma Deski
JURNAL I
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Design
Pemodelan Grafis
- Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat
karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya
digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain
grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam
pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
- Pengaruh Teknologi
Dalam hampir dua dekade ini teknologi komputer telah
mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus.
Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi yang satu ini mendorong
terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Bila Anda masih mempunyai
majalah, kemasan produk, atau iklan yang dikeluarkan sekitar enam puluhan,
cobalah amati dan bandingkan dengan produk sejenis yang keluar sekitar dua
dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di sana-sini. Sangat jarang kita
temui iklan dengan gambar outline dan back ground satau warna primer seperti
yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam puluhan. Halaman-halamn majalah
kini menjadi begitu berwarna dengan model, warna-warna, komposisi yang terasa
begitu nyata.
Bidang studi yang berkaitan dengan desain pemodelan
grafis
- Psikologi
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan
ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia
secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikologi.
Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu
maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan
neurobiologis yang mendasari perilaku. Psikologi ini berkaitan dengan desain
grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
- Ergonomi
Dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari
pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang
menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia
dan mesin.
- Ilmu Bahasa
Ilmu Bahasa Komunikasi manusia-komputer secara
definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu
merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis
menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah
pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa
teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi
matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia
Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer
dan teknik elektronika.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point
ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan
di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di
TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik
komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film
semakin menarik.
Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk
membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan
lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya
Budaya
Seperti yang kita tau bahwa desain pemodelan grafik
dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya.
Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan
batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu
yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan
orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif)
tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang
Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa.
Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi
gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat
disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai
penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait
dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain
yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan
masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk
desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek
mereka.
JURNAL II
Pengaruh Teknologi dalam Perkembangan Grafis
Desain
Pemodelan Grafis merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan
menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Dalam pembuatan desain pemodelan grafis,
Kebudayaan dan Teknologi pun sangat ber pengaruh. Budaya yang digunakan
sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak
budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis, sebagai contohnya
adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya. Sedangkan
Teknologi diperlukan karena semakin mudah bagi kita untuk menciptakan
karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakn
banyak sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.
Ada
sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain
pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk
mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan
sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik
dan masih banyak lainnya.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang sangatlah indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain grafis, contoh perealisasiannya adalah batik dan songket.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang sangatlah indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain grafis, contoh perealisasiannya adalah batik dan songket.
Kaitan
antara Desain Pemodelan Grafis dan Grafik Komputer:
1. Pemodelan
geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
2. Rendering
yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi
yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung
waktu.
4. Kerangka
Grafik Komputer.
5. Graphic
library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware
(Graphic
System.
Desain
Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi
manusia dan komputer (Human Komputer Interaction, HCI) adalah disiplin ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi
perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah
digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha untuk menemukan cara yang paling
efektif untuk dapat merancang pesan secara elektronik, sedangkan interaksi
manusia da komputer sendiri merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan
yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya
saling memberikan masukan dan umpan balik melewati sebuah antar muka untuk
mendapatkan hasil akhir yang diharapkan.
Contoh
interaksi manusia dan komputer
A. Tombol
Pilihan untuk Save (Menyimpan) and Delete (Menghapus) karena kalau kita salah
menerapkan pilihan ini, maka ia bisa menyebabkan kita kehilangan beberapa jam
kerja. Walaupun sebisa mungkin komputer dibuat user
friendly (bersahabat) dan easy to use (mudah digunakan)
namun kesalahan masih saja terjadi.
B. Masalah
pada VCR (Video Casette Recorder) untuk menyimpan program – program pada
tv kita. Karena terlalu sederhananya malahan kita jadi bingung dengan
penggunaan VCR ini. Di sisi lain ada contoh malahan begitu berbahayanya kalau
terlalu banyak tombol pada radio di mobil kita untuk seseorang yang lagi
mengemudikan mobil. Dari sini didapat peralatan/sistem harus didesain dengan
memperhatikan dan menghargai pekerjaan yang dilakukan orang sehari hari.
Tidak semua
desain itu berdasarkan intuisi dan sulit juga membuat desain sistem yang
konsisten dan handal dalam bekerjanya untuk menangani semua perilaku pengguna
yang seringkali ceroboh. Antarmuka tak dapat diterapkan pada saat saat akhir
ini harus dikembangkan secara integral dengan keseluruhan sistem. Tak sekedar
menampilkan “wajah yang cantik” dalam tampilannya, namun harus mendukung
tugas tugas yang benar benar di inginkan orang untuk dikerjakan, dan memaafkan
kesalahan akibat kecerobohan.
Perlu untuk
mempertimbangkan bagaimana Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) diterapkan
dalam proses desain. Pendesainan sistem yang dapat digunakan dan berguna
tidaklah sesederhana perilaku berderma kepada pengguna atau sekedar merupakan
bagian dari usaha pemasaran, ia juga dapat meningkatkan perilaku dalam hukum.
Ilmu-ilmu
yang berkaitan dengan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
1. Teknik elektronika & ilmu komputer memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
5. Antropologi ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
Penjelasan
dari jurnal 1 :
Pada jurnal pertama ini
kita bisa lihat bagaimana pengaruh dari teknologi dan kebudayaan dalam membuat
pemodelan grafis, disini dicontohkan dalam kebudayaan pembuatan batik karena
menuangkan suatu pemikiran dalam desain grafis tersebut. Sedangkan dalam
teknologi itu seperti contohnya pembuatan desain desain yang dibuat oleh
mesin-mesin teknologi canggih.
Penjelasan
dari jurnal 2 :
Jurnal kedua ini lebih
banyak menjelsakna tentang desain grafis pada interaksi manusia pada komputer. Atau
lebih tepatnya bagaimana interaksi manusia dan komputer di terapkan dalam
desain proses
Pendapat
:
Pendapat saya mengenai
kedua jurnal tersebut yang bertemakan tentang pengarus kebudayaan dan teknologi
dalam desain grafis yaitu, bahwa setiap desain itu dapat dipengaruhi tidak hanya
dari 1 sisi saja melainkan bisa dari kebudayaan dan bisa dari bidang teknologi
dan juga tidak hanya 1 atau 2 bidang studi yang mempengaruhinya. Seiring berjalanya
kemajuan teknologi , pembuatan desain grafis pun ikut berkembang terus.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar